LAPORAN AKHIR MODUL 1 PERCOBAAN 2
Modul 1 General Input dan Output
- Buatlah rangkaian sesuai dengan kondisi yang telah dipilih
- Buat Program pada software Arduino IDE
- Masukkan program yang telah dibuat pada software Arduino IDE sebagai library Arduino
- Jalankan rangkaian, sesuai dengan kondisi yang diinginkan
- Lihat output pada 7-Segment
a. Hardware
b. Diagram Blok
a. Rangkaian Simulasi
Pada percobaan 2 kali ini, kita menggunakan keypad sebagai input dan 7-segment sebagai outputnya. Dimana untuk baris pada keypad terhubung dengan pin A1, A2, A3, A4 pada arduino dan kolom pada keypad terhubung dengan pin 10,11,12,13 pada arduino. Serta pin pada 7-segment terhubung dengan pin 2,3,4,5,6,7,8,9 pada arduino.
Pada program arduino ide kita inputkan terlebih dahulu kondisi dimana untuk menampilkan angjka 0-9 pada 7-segment, dimana untuk program nya itu sendiri seperti berikut
{0, 0, 0, 0, 0, 0, 1, 1}, // 0
{1, 0, 0, 1, 1, 1, 1, 1}, // 1
{0, 0, 1, 0, 0, 1, 0, 1}, // 2
{0, 0, 0, 0, 1, 1, 0, 1}, // 3
{1, 0, 0, 1, 1, 0, 0, 1}, // 4
{0, 1, 0, 0, 1, 0, 0, 1}, // 5
{0, 1, 0, 0, 0, 0, 0, 1}, // 6
{0, 0, 0, 1, 1, 1, 1, 1}, // 7
{0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 1}, // 8
{0, 0, 0, 0, 1, 0, 0, 1}, // 9
Dimana untuk susunannya itu sendiri {a,b,c,d,e,f,g,dp}
Pada percobaan kali ini jenis 7-segment yang digunakan adalah 7-segment common anoda yang mana jenis 7-segment yang untuk mengaktifkannya dihubungkan dengan ground terlebih dahulu.
Jadi untuk cara kerjanya sendiri, 7-segment akan menampilkan angka sesuai dengan kondisi yang kita inputkan pada keypad, jika kita menekan angka 1 pada keypad, maka 7-segment akan menampilkan angka 1 pada 7-segment, begitu seterusnya.
a. Flowchart
b. Listing Program
//Percobaan 2
#include <Keypad.h>
const byte ROWS = 4; // Four rows
const byte COLS = 4; // Fou columns
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1','2','3','A'},
{'4','5','6','B'}, // Keypad 4x4 layout
{'7','8','9','C'},
{'*','0','#', 'D'}
};
byte rowPins[ROWS] = {A4, A3, A2, A1}; // Connect to the keypad row pins
byte colPins[COLS] = {10, 11, 12, 13}; // Connect to the keypad column pins
Keypad keypad = Keypad(makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
const int segmentPins[] = {9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2}; // Connect to the seven-segment display segment pins
void setup() {
for (int i = 0; i < 8; i++) {
pinMode(segmentPins[i], OUTPUT);
}
}
void loop() {
char key = keypad.getKey();
if (key) {
displayCharacter(key);
delay(1000);
clearDisplay();
}
}
void displayCharacter(char ch) {
// Define segment patterns for each digit (0-9)
// Example: Displaying '1'
// A
// F B
// G
// E C
// D
byte patterns[][9] = {
{0, 0, 0, 0, 0, 0, 1, 1}, // 0
{1, 0, 0, 1, 1, 1, 1, 1}, // 1
{0, 0, 1, 0, 0, 1, 0, 1}, // 2
{0, 0, 0, 0, 1, 1, 0, 1}, // 3
{1, 0, 0, 1, 1, 0, 0, 1}, // 4
{0, 1, 0, 0, 1, 0, 0, 1}, // 5
{0, 1, 0, 0, 0, 0, 0, 1}, // 6
{0, 0, 0, 1, 1, 1, 1, 1}, // 7
{0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 1}, // 8
{0, 0, 0, 0, 1, 0, 0, 1}, // 9
{0, 0, 0, 0, 0, 1, 0, 1}, //a
{1, 1, 0, 0, 0, 0, 0, 1}, //b
{0, 1, 1, 0, 0, 0, 1, 1}, //c
{1, 0, 0, 0, 0, 1, 0, 1}, //d
};
if ((ch >= '0' && ch <= '9') || (ch >= 'A' && ch <= 'D')) {
// Get the digit index (0-9) from the character
int index = (ch <= '9')? (ch - '0') : (ch - 'A' + 10);
// Write the pattern to the segment pins
for (int i = 0; i < 7; i++) {
digitalWrite(segmentPins[i], patterns[index][i]);
}
}
}
void clearDisplay() {
for (int i = 0; i < 8; i++) {
digitalWrite(segmentPins[i], HIGH);
}
}
7-segment akan menampilkan angka yang berbeda-beda sesuai dengan inputan yang diberikan pada keypad dan sesuai dengan logika yang sudah dimasukkan dalam listing program.
Download HTML klik disini
Download Program Arduino klik disini
Download Video Demo klik disini
Download Gambar Hardware klik disini
Download Gambar Simulasi klik disini
Download Datasheet 7-Segment klik disini
Komentar
Posting Komentar