TUGAS PENDAHULUAN MODUL 3 PERCOBAAN 2 KONDISI 4

Modul 3 Komunikasi

 

  • Buatlah rangkaian sesuai dengan kondisi yang telah dipilih
  • Buat Program pada software Arduino IDE
  • Masukkan program yang telah dibuat pada software Arduino IDE sebagai library Arduino
  • Jalankan rangkaian, sesuai dengan kondisi yang diinginkan

a. Rangkaian Simulasi
Gambar Rangkaian Sebelum Disimulasikan

Gambar Rangkaian Setelah Disimulasikan

b. Prinsip Kerja
Pada modul 3 percobaan 2 kondisi 4 ini kita menggunakan dip switch sebagai inputan dan dual seven segment sebagai output. Selanjutnya juga menggunakan 2 buah modul, pertama arduino master sebagai pemberi perintah dan arduino slave sebagai penerima/pengeksekusi perintah. Arduino master terhubung dengan inputan dip switch dan arduino slave terhubung dengan dual seven segment sebagai output. Pada percobaan ini menggunakan komunikasi SPI yang ditandai dengan pin MOSI, MISO, SCLK, SS/CS pada kedua modul saling terhubung.

Sesuai dengan kondisi yang diminta, ketika Jika 3 switch aktif maka counting 1-9 pada digit 1 lalu pindah pada digit 2, dimana hal ini sesuai dengan program yang telah kita inputkan pada arduino
   if (Slavereceived == 3){
    for(i=0; i<100; i+=10){
      setAngka(i);
      delay(100);
    }
    for(i=0; i<10; i++){
      setAngka(i);
      delay(100);
    }

Selanjutnya sesuai dengan kondisi kedua yang diminta, 4 switch aktif maka counting 1-9 pada digit 2 lalu pindah pada digit 1, dimana hal ini sesuai dengan program yang telah kita inputkan pada arduino
  if (Slavereceived == 4){
    for(i=0; i<10; i++){
      setAngka(i);
      delay(100);
    }
    for(i=0; i<100; i+= 10){
      setAngka(i);
      delay(100);
    }

a. Listing Program
Arduino Master
//Master Arduino
#include<SPI.h> //Library for SPI
int dip[] = {2,3,4,5,6,7,8,9};
int dipvalue[] = {};
void setup (){
 Serial.begin(9600); //Starts Serial Communication at Baud Rate 115200
 for(int i = 0; i < 8; i++){
 pinMode(dip[i], INPUT_PULLUP);
 }
 SPI.begin(); //Begins the SPI commnuication
 SPI.setClockDivider(SPI_CLOCK_DIV8); //Sets clock for SPI communication at 8 (16/8=2Mhz)
 digitalWrite(SS,HIGH); // Setting SlaveSelect as HIGH (So master doesnt connnect with slave)
}
void loop(void){
 byte Mastersend;
 int sw_on = 0;
 for(int i = 0; i < 8; i++){
 dipvalue[i] = digitalRead(dip[i]);
 sw_on = dipvalue[0] + dipvalue[1] + dipvalue[2] + dipvalue[3] + dipvalue[4] + dipvalue[5] + dipvalue[6] + dipvalue[7];
 }
 digitalWrite(SS, LOW); //Starts communication with Slave connected to master
 Mastersend = sw_on;
 Serial.println(Mastersend);
 SPI.transfer(Mastersend); //Send the mastersend value to slave also receives value from slave
 delay(1000);
}

Arduino Slave
//Slave Arduino:
#include<SPI.h>
#define a 2
#define b 3
#define c 4
#define d 5
#define e 6
#define f 7
#define g 8
#define digit1 A1
#define digit2 A2
volatile boolean received = false;
volatile byte Slavereceived;
int satuan, puluhan, i;
void setup(){
 Serial.begin(9600);
 pinMode(a, OUTPUT);
 pinMode(b, OUTPUT);
 pinMode(c, OUTPUT);
 pinMode(d, OUTPUT);
 pinMode(e, OUTPUT);
 pinMode(f, OUTPUT);
 pinMode(g, OUTPUT);
 pinMode(digit1, OUTPUT);
 pinMode(digit2, OUTPUT);
 SPCR |= _BV(SPE); //Turn on SPI in Slave Mode
 SPI.attachInterrupt(); //Interuupt ON is set for SPI commnucation
}
ISR (SPI_STC_vect){ //Inerrrput routine function
 Slavereceived = SPDR; // Value received from master if store in variable slavereceived
 received = true; //Sets received as True
}
void loop(){
 Serial.println(Slavereceived);
 if(received){//Logic to SET LED ON OR OFF depending upon the value recerived from master
  if (Slavereceived == 4){
    for(i=0; i<10; i++){
      setAngka(i);
      delay(100);
    }
    for(i=0; i<100; i+= 10){
      setAngka(i);
      delay(100);
    }
  }
   if (Slavereceived == 3){
    for(i=0; i<100; i+=10){
      setAngka(i);
      delay(100);
    }
    for(i=0; i<10; i++){
      setAngka(i);
      delay(100);
    }
  }
 delay(1000);
 }
}
void angka(int xx){
  if(xx==0){
  digitalWrite(a,HIGH);
  digitalWrite(b,HIGH);
  digitalWrite(c,HIGH);
  digitalWrite(d,HIGH);
  digitalWrite(e,HIGH);
  digitalWrite(f,HIGH);
  digitalWrite(g,LOW);
  }

  if(xx==1){
  digitalWrite(a,LOW);
  digitalWrite(b,HIGH);
  digitalWrite(c,HIGH);
  digitalWrite(d,LOW);
  digitalWrite(e,LOW);
  digitalWrite(f,LOW);
  digitalWrite(g,LOW);
  }

  if(xx==2){
  digitalWrite(a,HIGH);
  digitalWrite(b,HIGH);
  digitalWrite(c,LOW);
  digitalWrite(d,HIGH);
  digitalWrite(e,HIGH);
  digitalWrite(f,LOW);
  digitalWrite(g,HIGH);
  }

  if(xx==3){
  digitalWrite(a,HIGH);
  digitalWrite(b,HIGH);
  digitalWrite(c,HIGH);
  digitalWrite(d,HIGH);
  digitalWrite(e,LOW);
  digitalWrite(f,LOW);
  digitalWrite(g,HIGH);
  }

  if(xx==4){
  digitalWrite(a,LOW);
  digitalWrite(b,HIGH);
  digitalWrite(c,HIGH);
  digitalWrite(d,LOW);
  digitalWrite(e,LOW);
  digitalWrite(f,HIGH);
  digitalWrite(g,HIGH);
  }

  if(xx==5){
  digitalWrite(a,HIGH);
  digitalWrite(b,LOW);
  digitalWrite(c,HIGH);
  digitalWrite(d,HIGH);
  digitalWrite(e,LOW);
  digitalWrite(f,HIGH);
  digitalWrite(g,HIGH);
  }

  if(xx==6){
  digitalWrite(a,HIGH);
  digitalWrite(b,LOW);
  digitalWrite(c,HIGH);
  digitalWrite(d,HIGH);
  digitalWrite(e,HIGH);
  digitalWrite(f,HIGH);
  digitalWrite(g,HIGH);
  }

  if(xx==7){
  digitalWrite(a,HIGH);
  digitalWrite(b,HIGH);
  digitalWrite(c,HIGH);
  digitalWrite(d,LOW);
  digitalWrite(e,LOW);
  digitalWrite(f,LOW);
  digitalWrite(g,LOW);
  }

  if(xx==8){
  digitalWrite(a,HIGH);
  digitalWrite(b,HIGH);
  digitalWrite(c,HIGH);
  digitalWrite(d,HIGH);
  digitalWrite(e,HIGH);
  digitalWrite(f,HIGH);
  digitalWrite(g,HIGH);
  }

  if(xx==9){
  digitalWrite(a,HIGH);
  digitalWrite(b,HIGH);
  digitalWrite(c,HIGH);
  digitalWrite(d,HIGH);
  digitalWrite(e,LOW);
  digitalWrite(f,HIGH);
  digitalWrite(g,HIGH);
  }

}

void setAngka(int xxx) {
  if (xxx < 10) {
    puluhan = 0;
    satuan = xxx;
  } else if (xxx < 100) {
    puluhan = xxx / 10;
    satuan = xxx % 10;
  }
  digitalWrite(digit1, LOW);
  digitalWrite(digit2, HIGH);
  angka(puluhan);
  delay(50);

  digitalWrite(digit1, HIGH);
  digitalWrite(digit2, LOW);
  angka(satuan);
  delay(50);
}

b. Flow Chart
Arduino Master

Arduino Slave

Jika 3 switch aktif maka counting 1-9 pada digit 1 lalu pada digit 2, jika 4 switch aktif maka counting 1-9 pada digit 2 lalu pada digit 1.



Download HTML klik disini
Download Rangkaian Proteus klik disini
Download Program Arduino Master klik disini
Download Program Arduino Slave klik disini
Download Video klik disini
Download Datasheet 7 segment klik disini
Download Datasheet Arduino klik disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS BESAR: KONTROL TANAMAN BAYAM PADA GREEN HOUSE

MODUL 1 : 8 x SWITCH SPDT DAN LCD

MODUL 2 : Kontrol Putaran Motor Stepper